Fieldtrip Sedimentologi Dan Stratigrafi Teknik Geologi 2017 Di Sungai Cipamingkis, Bogor, Jawa Barat

Sungai Cipamingkis merupakan salah satu sungai yang terletak di Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang merupakan singkapan dari Formasi Jatiluhur pada bagian utara Cekungan Bogor. Pada tanggal 19 Desember 2018, Mahasiswa Teknik Geologi Universitas Pertamina angkatan 2017 melakukan kegiatan kuliah lapangan atau yang disebut dengan fieldtrip untuk memenuhi mata kuliah Sedimentologi dan Stratigrafi yang berlokasi di sungai tersebut. Tujuan dari adanya kegiatan fieldtrip ini juga untuk mengetahui kontak batuan, mengetahui fitur-fitur sedimentologi di lapangan, dan metode pengambilan data (Measuring Stratigraphic Section).

Kegiatan fieldtrip berlokasi pada dua tempat yang berbeda yaitu stop site pertama dan stop site kedua. Pada stop site pertama hal yang pertama kali dilakukan adalah mengobservasi fitur-fitur sedimentologi pada suatu singkapan, menuliskan koordinat, dan menggambar sketsa singkapan. Singkapan ini disusun oleh batupasir, batulempung, dan batulanau dengan kontak batuan dari sharp contact hingga gradational contact. Fitur sedimentologi yang terdapat pada stop site pertama terdapat struktur Hommocky Cross Stratification (HCS) yang termasuk ke dalam syn-depositional structure. Dengan diketahuinya sturktur HCS maka dapat diasumsikan bahwa sungai Cipamingkis ini merupakan lingkungan pengendapan offshore atau deep marine. Selanjutnya yaitu melakukan pengambilan data (MS) dengan menggunakan metode Jacob Staff untuk menentukan ketebalan lapisan batuan.

Pada stop site kedua terletak pada bagian hulu sungai dan hal yang dilakukan adalah mengobservasi singkapan sehingga dapat ditemukannya Slump Structure dan Sand Injection Structure. Keduanya merupakan bagian dari post-depositional structure yang terbentuk setelah proses pengendapan. Dengan adanya Slump Structure juga mengindikasikan lingkungan pengendapan deep marine pada daerah tersebut.