Geostory: Geologi Grand Canyon

Hai Sobat SM IAGI UP!
Semua pasti tahu Grand Canyon, kan? Tapi apa kalian tahu bagaimana sih geologi dari Grand Canyon itu?

Grand Canyon atau Ngarai Besar adalah sebuah ngarai tebing-terjal, diukir oleh Sungai Colorado, di utara Arizona. Ngarai ini merupakan satu dari tujuh keajaiban dunia dan sebagian besar berada di Taman Nasional Grand Canyon; salah satu taman nasional pertama di Amerika Serikat. Grand Canyon merupakan hasil dari kombinasi peristiwa geologi yang bermacam-macam dan memiliki keteraturan. Kisahnya dimulai sekitar 2 milyar tahun yang lalu dengan pembentukan batuan beku dan metamorf di ngarai bagian dalam (inner gorge).

Diatas bebatuan ini terdapat lapisan demi lapisan batuan sedimen, masing-masing lapisan tersebut memiliki kisah unik dari sejarah lingkungan Grand Canyon. Kemudian 70 hingga 30 juta tahun yang lalu seluruh wilayah Grand Canyon terangkat (uplift) karena aktivitas tektonik dan menghasilkan dataran tinggi Colorado yang relatif datar.

Stratigrafi Grand Canyon (people.upei.ca)

Akhirnya, dimulai sekitar 6-5 juta tahun yang lalu, sungai Colorado mulai menukik kebawah. Karena hal tersebut, erosi yang disebabkan oleh aliran anak sungai Colorado kian meningkat dan menyebabkan pelebaran ngarai. Hingga hari ini kekuatan aliran sungai dan kekuatan alam yang lain masih bekerja perlahan-lahan dan menyebabkan pendalaman serta perluasan wilayah Grand Canyon.

 

Sumber:
– National Park Service. (2018). Grand Canyon National Park. https://www.nps.gov/grca/learn/nature/grca-geology.htm. (25 Febrauri 2019).
– Grand Canyon Geology Overview. people.upei.ca/beland/canyon/GCanyon.htm. (25 Februari 2019).