Semakin Sigap dengan Aplikasi Kebencanaan

Dengan Kecanggihan teknologi saat ini, segala informasi menyangkut bahaya alampun dapat diketahui oleh setiap individu memalui ponsel cerdas atau smartphone. Mulai dari situsasi bencana, resiko potensi bahaya alam disuat daerah, langkah mitigasi, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi kebencanaan yang direkomendasikan dapat membantu segala kebutuhan menghadapi bahaya alam :

1. inaRISK

Aplikasi ini dibuat oleh BNPB yang berguna untuk mengetahui potensi bahaya alam disuatu daerah dan memberikan simulasi langkah yang perlu dilakukan disuatu daerah baik saat, sebelum dan sesudah kejadian bencana.

2. info BMKG

Aplikasi milik BMKG ini terdapat beberapa fitur yang memuat informasi soal cuaca bandara, titik gempa terbaru, cuaca maritim, dan kualitas udara suatu kota.

3. Buku Saku Tanggap Bencana

Aplikasi yang disusun oleh BNPB ini memuat juga informasi karakteristik dan ancaman bencana geologi dan hidrometeorologi di Indonesia. Tak hanya gempa, aplikasi ini juga memuat panduan untuk menghadapi jenis bencana alam lain seperti tsunami, erupsi gunung berapi, banjir, tanah longsor, puting beliung, kekeringan, bahkan kebakaran hutan.

dengan masih ada beberapa lagi platform yang menyediakan aplikasi lainnya, seharusnya dengan berkembangnya teknologi dan kecepatan persebaran informasi saat ini dapat membuat masing-masing dari kita dapat lebih awas terhadap bencana yang akan selalu ada disekitar kita.

Referensi:
Rahayu, C.M. 2017. BNPB Luncurkan 3 Aplikasi untuk Deteksi Dini Potensi Bencana.
news.detik.com.
Agung, B. 2017. 6 Aplikasi yang Wajib Dimiliki Saat Terjadi Bencana. www.cnnindonesia.com.