Pengabdian Masyarakat UP-BAZMA

Pengabdian masyarakat merupakan salah satu dari tiga dari tridharma perguruan tinggi. Universitas Pertamina (UP) bersama dengan Baituzzakah Pertamina (BAZMA) melakukan kerjasama di bidang pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Informasi (SMK TI) yang akan dibangun di Cicadas, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kerjasama ini dimulai dengan melakukan survei geologi dan geoteknik untuk keperluan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) dan pada waktu-waktu mendatang akan berlanjut pada penyusunan kurikulum. Survei lapangan melibatkan dosen dan mahasiswa dari Program Studi Teknik Geologi, Teknik Geofisika, dan Teknik Sipil Universitas Pertamina. Survei lapangan terdiri dari survei topografi untuk menentukan batas lahan, kondisi situasi, interval topografi yang rapat, kondisi drainase; survei geoteknik untuk mendapatkan data keteknikan bawah tanah; serta survei geofisika berupa lintasan geolistrik untuk menentukan stratifikasi dan potensi lapisan akuifer.

Dosen, Mahasiswa, dan Tim Survei Lapangan

Kegiatan dimulai dari hari Kamis, 20 Februari 2020 dan berakhir pada Sabtu, 22 Februari 2020. Hasil survei ini selanjutnya akan dijadikan acuan dalam mendesain pondasi dan struktur bangunan sekolah SMK TI yang diproyeksikan mulai dilakukan tahapan konstruksi pada tahun 2020.

Survei Lapangan: Topografi, Geoteknik, Geofisik

Semoga kerjasama di bidang pengabdian masyarakat ini berlanjut dan memberikan manfaat bagi semua pihak yang terlibat.

Pemboran sondir untuk data bawah tanah

Pembacaan data geolistrik untuk potensi air bawah tanah

Pengukuran topografi untuk kontur dan batas lahan