Tentang Program Studi

Program Studi Teknik Geologi digawangi oleh para dosen muda, energik,  penuh antusisme yang tinggi, dengan variasi penelitian yang memenuhi kebutuhan saat ini.  Beberapa fokus penelitian yang sedang dikembangkan di program ini antara lain: Analisa Petrofisika, Risk and Uncertainty Analysis, POD dan POFD, Exploration and New Venture, dan Green Technology (Carbon Capture and Storage, dan Overburden Characterization).

Dalam praktiknya, program ini didukung oleh program studi lainnya di Universitas Pertamina guna melancarkan penelitian dan pekerjaan-pekerjaan yang bersifat eksternal. Beberapa jurusan yang bekerjasama dengan program studi Teknik Geologi antara lain Program Studi Teknik Geofisika, Teknik Perminyakan, Ilmu Komputer, Teknik Lingkungan, dan program studi lainnya.

Program studi Teknik Geologi Universitas Pertamina merupakan salah satu jurusan di Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi di Universitas Pertamina. Sesuai dengan kebutuhan masa kini, program ini memiliki fokus pengajaran dan penelitian di bidang Energi (Minyak dan Gas Bumi, Geothermal, Energi Baru dan Terbarukan, dan Green Technology).

Staff Pengajar

Universitas Pertamina juga memiliki dosen-dosen dengan kompetensi dan standar uang tinggi. Selain memiliki passion yang tinggi di dunia pendidikan, para dosen juga memiliki pemahaman gambaran kompetensi dasar yang dibutuhkan oleh seorang lulusan geologi di dunia agar dapat bersaing di era globalisasi.

Selain dosen internal, Universitas Pertamina Juga bekerja sama dengan Universitas Ternama baik di dalam maupun luar negeri dalam hal pembelajaran, diantaranya ITB dan Akita University.

Selain pengajar yang berasal dari Akademisi, Program Studi Teknik Geologi juga sangat mengedepankan pengajaran yang diberikan oleh professional yang berkecimpung langsung di dunia Geologi dalam jangka waktu yang lama. Dengan ini, mahasiswa diharapkan terinspirasi dan memiliki semangat untuk mencapai cita-citanya menjadi geologist yang handal.

Fasilitas: Lab Geology

Program Studi Teknik Geologi dilengkapi dengan Lab Geologi Fisik.  Lab ini adalah lab ajar, pada saat ini melayani 450 mahasiswa yang dari program studi teknik geologi, geofisika, dan perminyakan. Lab digunakan untuk kegiatan praktikum setiap minggu nya. Fasilitas yang dimiliki oleh lab Geologi antaralain: Berbagai Contoh batuan dan Mineral sempurna, Berbagai contoh Fossil, Mikroskop Perbesaran, Mikroskop Polarisasi dan Pantul, Drone, XRD analyzer, palu dan Kompas, dan berbagai alat lainnya.

 

Sistem kurikulum programs studi teknik geologi universitas pertamina merupakan turunan dari Visi – Misi, sistem kurikulum standar yang tercetus di Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Standar Nasional Pendidikan Tingi (SNPT), serta berbagai lembaga akreditasi internasional seperti The Geological Society of London (TGSL) dan Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET). Rangkaian kurikulum program studi teknik geologi digambarkan pada Gambar 6.

Program Studi Teknik Geologi membuat peminatan sesuai dengan Visi dan Misi universitas, yaitu menjadi universitas terdepan di bidang energi. Peminatan yang dibuat juga merupakan turunan dari kompetensi PT Pertamina sebagai induk dari Universitas Pertamina. Peminatan yang dibuat pada Program Studi Teknik Geologi antara lain peminatan Migas, Panasbumi, dan Geologi Umum. Peminatan ini diturunakan menjadi kuliah pilihan di tingkat 3 dan 4.

Lulusan Teknik Geologi Universitas Pertamina dapat berkontribusi dalam bidang:

  • Energi, Minyak, dan Gas Bumi: melakukan tahap awal eksplorasi.
  • Pertambangan: melakukan eksplorasi dan eksploitasi mineral, logam, dan non-logam.
  • Teknik Lingkungan: memastikan bangunan agar aman, ramah lingkungan, dan berkelanjutan
  • Energi Terbarukan (Panas Bumi/Geothermal): melakukan eksplorasi dan eksploitasi energi terbarukan yang ramah lingkungan.
  • Mitigasi Bencana: memitigasi (melakukan upaya-upaya pengurangan risiko secara struktural dan non-struktural) bencana alam untuk mengurangi korban bencana.
  • Hidrogeologi: mengelola sumber daya air dengan baik untuk kehidupan.