Fokus Studi Program Studi Teknik Geologi

Fokus studi Program Studi Teknik Geologi Universitas Pertamina adalah ilmu geologi yang berkaitan dengan eksplorasi dan produksi energi (migas, dan panasbumi) dan lingkungan. Mengacu pada dokumen Geoscience Knowledge and Experience Requirements for Professional Registration in Canada (2008), pembagian Body of Knowledge dibagi menjadi:

  • Kemampuan berpikir kritis dan memiliki pemahaman kuat atas sains dasar, serta keterkaitannya dengan ilmu geologi.
  • Pengetahuan dan pemahaman luas tentang Ilmu Dasar dan Metode Geolgi: kemampuan deskripsi serta analisa pada permasalahan geologi.
  • Mampu mengaplikasikan ilmu geologi dalam eksplorasi dan produksi sumberdaya alam, serta rehabilitasi lingkungan.

Sistem Pengajaran Program Studi Teknik Geologi

Perkuliahan di Universitas Pertamina mengedepankan sistem belajar Active Learning, dimana mahasiswa dituntut aktif di kelas dalam kegiatan-kegiatan yang mendidik.  Selain menggunakan metode Active-learning, sistem pendidikan juga dibuat sedemikian rupa agar mahasiswa mendapat pengalaman industri, dengan mengundang ahli dari Industri untuk memberikan real case experience di kelas dalam format workshop di akhir semester.

Kegiatan Praktikum

Praktikum merupakan elemen wajib pada beberapa mata kuliah dan menjadi salah satu penilaian pokok dan menjadi salah satu syarat kelulusan mata kuliah. Praktikum dilakukan di luar jam perkuliahan dengan durasi yang disesuaikan dengan jumlah kredit mata kuliah.  Berikut adalah praktikum yang dijalankan oleh mahasiswa teknik geologi: